RSS

About

Ininih tugas Manajemen...



Padahal aku anak Akuntansi, tapi juga dapet mata kuliah ini :D but it's fun !! very FUN :*

Persiapan Pernikahan

Menggunakan jasa EO (Event Organizer) membuat suatu rencana pernikahan akan lebih mudah dan tidak menguras tenaga. Cara memilih EO adalah :
Kunjungilah event organizer yang telah memiliki nama dan reputasi yang baik, manfaatkanlah jasa event organizer yang berpengalaman.
2.      Cari referensi mengenai event organizer yang dibutuhkan. Sebelum menetapkan pilihan, sebaiknya anda mencari panduan sebanyak mungkin mengenai event organizer di kota anda. Dari referensi tersebut, anda akan memperoleh informasi yang cukup untuk menggunakan jasa event organizer yang tepat.
3.      Pertimbangkan saran orang-orang terdekat mengenai event organizer terbaik.
4.      Lakukan survei terhadap kinerja event organizer. Menilai sendiri kinerja event organizer perlu menjadi langkah selanjutnya yang harus ditempuh. Kunjungi resepsi pernikahan teman atau saudara yang mempergunakan jasa event organizer yang direkomendasikan tersebut. Amati kinerjanya, beri penilaian dan setelah itu anda bisa memutuskan akan menggunakan atau segera mencari jasa event planner lain.
5.      Pertimbangkan event organizer yang lebih mengutamakan kualitas pelayanan dibandingkan dengan event organizer yang langsung menekankan pada biaya.
Event organizer yang baik adalah tempat untuk konsultasi segala permasalahan menyangkut pernikahan, bekerja secara profesional dan tidak pelit dengan mengedepankan pelayanan terbaik untuk mewujudkan resepsi pernikahan impian konsumen.
6.      berhati-hati terhadap oknum event planner yang sering me-mark up harga.
Walaupun anda memakai jasa event organizer atau event planner, sebaiknya Anda tetap mengecek harga di vendor mana event organizer tersebut bekerjasama. Paling tidak, hal tersebut merupakan bentuk kehati-hatian dari Anda agar terhindar dari penipuan yang sering dilakukan oknum wedding planner yang menyepelekan pengetahuan calon pengantin mengenai harga-harga kebutuhan untuk pernikahan.
Setelah menemukan EO yang tepat dan terpercaya, selanjutnya akan ada kinerja dari EO. Berikut ini adalah perkerjaan yang dilakukan oleh Event Organizer untuk mempersiapkan pesta pernikahan.
ร˜  Bertukar pikiran
Evwnt organizer akan melakukan brainstorming dengan si pemilik acara. Anda harus memberi penjelasan mengenai tema pesta yang Anda inginkan, berapa jumlah tamu undangan, dan berapa lama acara akan berlangsung. Wedding organizer akan melakukan eksplorasi/mengembangkan keinginan Anda dengan mencarikan ide dan gagasan yang mungkin dapat Anda gunakan dalam acara pernikahan.
ร˜  Vendor yang diinginkan dalam acara.
Event organizer akan membantu Anda mencarikan rekanan kerja yang diperlukan karena event organizer yang telah berpengalaman dalam hal pengurusan acara pernikahan dapat memberikan rekomendasi seperti dekorasi, roti pernikahan, bridal, salon, MC, entertainment, kartu undangan, fotografer, videografer dan sebagainya yang tepat untuk anda.
ร˜  Dana yang dibutuhkan.
Mendiskusikan budget yang dimiliki klien. Itu menjadi tugas event organizer mencari wedding vendor dengan tarif yang dapat "masuk" ke dalam dana yang telah ditentukan.
ร˜  Tema Acara.
Event organizer akan mengusahakan tema yang merupakan keinginan anda, atau bila belum ada maka event organizer akan mencarikan tema untuk anda. Disini akan dibahas berbagai detail yang sesuai dengan tema seperti, warna dekorasi, jenis makanan, musik yang akan dinyanyikan dan sebagainya.
ร˜  Kelengkapan.
Event organizer akan mengurus segala kelengkapan yang diperlukan oleh anda, seperti mengurus catatan sipil, melakukan pembayaran kepada wedding vendor lainnya, membawa seluruh perlengkapan pesta, sehingga yang perlu anda lakukan hanyalah mempersiapkan diri agar tetap sehat dan bugar pada hari pernikahan anda.
Setelah ada kecocokan baik EO, kinerja EO maupun pengguna jasa EO, akan ada daftar rencana pernikahan. Pernikahan yang akan dilaksanakan di JEC pada 22 April 2013, memerlukan rancangan sebagai berikut :
ยช      Persiapan
Dilakukan saat proses pelamaran sang pria, sehingga kedua belah pihak (keluarga pria dan wanita) merundungkan hari, tanggal, bulan, tahun, dan waktu pernikahan.. dilakukan Senin, 22 April 2013 di JEC pukul 11.00 untuk akad nikah dan dilanjutkan resepsi yang diadakan pada pukul 14.00 sampai selesai.
ยช      Pembentukan Panitia
Yang bertugas mengurusi segala urusan pernikahan, diserahkan kepada jasa Event Organizer.
ยช      Merencanakan anggaran
Berapa anggaran yang diperlukan untuk semua pemesanan ini. Menyesuaikan anggaran atau budget dengan tema dan konsep pernikahan serta yang lainnya. Dilakukan 1 tahun sebelum hari H. Persiapan yang matang agar suatu acara sukses digelar dan tanpa cacat sedikitpun.
ยช      Memilih Gedung Pernikahan
Setidaknya 1 tahun  atau beberapa bulan sebelum hari H kita memesan gedung untuk acara pernikahan maupun resepsinya. Pemesanan gedung tidak sembarangan, karena ini menyangkut hal yang sangat khitmad. Tidak perlu gedung yang mewah untuk suatu pernikahan, yang di perlukan adalah kenyamanan dan keindahan dari gedung tersebut. Bila kita melakukan acara pernikahan di luar ruangan atau biasa disebut  IN DOOR, maka sebaiknya kita mengantisipasi bila terjadi hal – hal yang tidak kita inginkan. Misalnya hujan atau yang lainnya.
ยช      Undangan
Pemesanan undangan dilakukan 5 bulan sebelum hari H, mengapa demikian? Undangan adalah hal penting dari pernikahan, kita juga harus merancang sendiri (bila ingin) atau memesan dengan rancangan pilihan. Ukuran, warna, bentuk dan mode sangan mempengaruhi keindahan dari undangan tersebut, maka sebaiknya dipersiapkan dengan baik.
ยช      MC, Photograpy, Videograpy, Sounsystem, dan Hiburan
MC adalah seorang yang penting untuk memimpin jalannya suatu acara, MC dipesan minimal 3 bulan sebelum hari H. Kecocokan jadwal MC dan tidak ada jadwal yang bertabrakan dengan hari H, begitu juga pemesanan sounsystem. Photograpy dan Videograpy juga merupakan bagian terpenting untuk mengabadikan suatu acara, pemesanannya 3 bulan sebelum hari H. Untuk hiburan, pesan 2 bulan sebelum hari H. Hiburan apa yang kita inginkan? Misalnya musik atau hanya tarian tradisional atau tontonan tradisional.
ยช      Souvenir
Pemilihan yang tepat souvenir adalah hal tersulit, karena souvenir mencerminkan sifat diri kita. Berbagaimacam souvenir menjadikan kita untuk sulit memilihnya, ada yang berbentuk kipas, liontin, gantungan kunci, ataupun yang lainnya. Pemesanan souvenir sebaiknya disesuaikan dengan jumlah undangan tambah 20 biji, guna penambahan untuk antisipasi bila ada yang belum menganbil souvenir atau para tamu undangan yang mengambil double.
ยช      Buku Tamu
Pemesanan buku tamu 1 bulan sebelum hari H. Mau sederhana ataupun mewah tergantung tema atau konsep pernikahan
ยช      Chattering
Chattering dipesan minimal 1 bulan sebelum hari H. Pemesanan hidangan pernikahan (prasmanan), tidak hanya hidangan pembuka, hidangan penutup tetapi juga cuci mulut (buah atau eice cream). Selain itu ada minuman (baik dingin atau hangat, baik soda maupun tidak mengandung soda).
ยช      Aksesoris Dekorasi Gedung
Pendekoran bisa dilakukan H-7 atau H-15, dekorasi sesuai keinginan. Glamor ataupun sederhana tergantung tema dari pernikahan itu.
ยช      Make up Pengantin dan Keluarga
H-25 kita perlu survei untuk pe-make up pangantin maupun keluarga termasuk perugas pernikahan (penyambut tamu undangan, penunggu buku tamu dll).
ยช      Pemesanan gaun pengantin dan Cincin pernikahan
Gaun pengantin sangan penting untuk menunjang acara pernikahan, yang dilengkapi dengan bunga dan sepatu nikah. Gaun yang indah akan membuat sang pemakai terlihat anggun dan gagah, serta bunga yang dibawa sang pengantin wanita. Pemilihan bunga juga penting. Pemesanan gaun pengantin biasanya dilakukan H-30 atau 1 bulan sebelum pernikahan, begitu juga sepatu dan bunga nikah.  Cincin nikah dipesan bersamaan dengan gaun pengantin, namun bisa jauh – jauh bulan sebelum hari H. Bila ingin cicin pernikahan yang dirancang sendiri maka akan memerlukan waktu yang lama.
ยช      Kue pernikahan atau biasa disebut kue tart
Memesan kue tart biasanya H-5, disertai nama dan foto di hiasan tartnya.





Bila dibuat tabel maka akan seperti ini :
No.
H-n
Kegiatan
Waktu
1.
H-1th
Pembentukan panitia pernikahan
Perencanaan anggaran pernikahan
Memilih gedung pernikahan dan pemesanan
08.00 – selesai
2.
H-5bln
Pemesanan Undangan pernikahan dan rancangan undangan pernikahan
Pemesanan Gaun pernikahan, sepatu pernikahan, dan Cincin pernikahan
08.00 – selesai
3.
H-3bln
Pemesanan MC, Photograpy, Videograpy, dan Sounsystem
09.00 – 14.00
4.
H-2bln
Pemesanan Hiburan (tradisional maupun modern)
10.00 – selesai
5.
H-1bln
Pemesanan Souvenir
Pemesanan Buku Tamu
Pemesanan Chattering
10.00 – 12.00
13.00 – 15.00
15.30 – 17.00
6.
H-25
Perjanjian dengan make up pengantin dan make up keluarga
10.00 – 12.00
7.
H-15
Penentuan pendekoran dan konsep pernikahan
Penentuan tema dan keglamoran atau kesederhanaan pernikahan
07.00 – selesai
8.
H-5
Pemesanan Kue pernikahan / kue tart
10.00 – selesai
9.
H-5
Penyebaran undangan pernikahan
07.00 – selesai

Setelah semua terencana dengan baik, langkah selanjutnya mendata siapa saja yang akan diundang dalan pernikahan itu dan lainnya. Semua terlaksana dengan baik dan perencanaan pernikahan tersusun dengan teratur, selanjutnya menyebarkan undangan pernikahan.











Sekolah Vokasi
Program Diploma Ekonomika dan Bisnis

Rabu, 10 April 2013

Kelas               :           G / Manajemen

Nama               :           Grinas Prabaniska Kinasih

No. Mhs          :           332603

Jurusan            :           Akuntansi

TTD                 :          




TUGAS MANAGEMENT
MEMBUAT DAFTAR PERENCANAAN ACARA PERNIKAHAN



Pernikahan antara :
Arrendra Bagus Yasa Yashutaka dan Grinastasya Saruwatari Ayumu.
Tempat :          JEC (Jogja Electronic Center)
Tanggal :         22 April 2013
Waktu :           09.00 – selesai



Happy Wedding


Universitas Gadjah Mada


RENCANA PERNIKAHAN ANTARA

Arrendra Bagus Yasa Yashutaka
&
Grinatasya Saruwatari Ayumu

cincin tunangan :*


Akhad nikah                   : Senin, 22 April 2013 pukul 11.00
Resepsi pernikahan : Senin, 22 April 2013 pukul 14.00 – selesai

Happy Wedding 

create by @prabaniska
 saat - saat yang indah adalah saat dimana kita dilamar oleh lelaki yang kita sayangi dan menyayangi kita... betapapun sulitnya kita, ia akan tetap berada di samping kita. sesenang-senangnya kita, dia juga tidak akan meninggalkan kita :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar