Padahal aku anak Akuntansi, tapi juga dapet mata kuliah ini :D but it's fun !! very FUN :*
Persiapan Pernikahan
Menggunakan
jasa EO (Event Organizer) membuat
suatu rencana pernikahan akan lebih mudah dan tidak menguras tenaga. Cara
memilih EO adalah :
Kunjungilah
event organizer yang telah memiliki
nama dan reputasi yang baik, manfaatkanlah jasa event organizer yang berpengalaman.
2. Cari
referensi mengenai event organizer
yang dibutuhkan. Sebelum menetapkan pilihan, sebaiknya anda mencari panduan
sebanyak mungkin mengenai event organizer
di kota anda. Dari referensi tersebut, anda akan memperoleh informasi yang
cukup untuk menggunakan jasa event
organizer yang tepat.
3. Pertimbangkan
saran orang-orang terdekat mengenai event organizer terbaik.
4. Lakukan
survei terhadap kinerja event organizer.
Menilai sendiri kinerja event organizer
perlu menjadi langkah selanjutnya yang harus ditempuh. Kunjungi resepsi
pernikahan teman atau saudara yang mempergunakan jasa event organizer yang direkomendasikan
tersebut. Amati kinerjanya, beri penilaian dan setelah itu anda bisa memutuskan
akan menggunakan atau segera mencari jasa event
planner lain.
5.
Pertimbangkan event
organizer yang lebih mengutamakan kualitas pelayanan dibandingkan dengan event organizer yang langsung menekankan
pada biaya.
Event organizer yang baik adalah tempat untuk konsultasi segala permasalahan menyangkut pernikahan, bekerja secara profesional dan tidak pelit dengan mengedepankan pelayanan terbaik untuk mewujudkan resepsi pernikahan impian konsumen.
Event organizer yang baik adalah tempat untuk konsultasi segala permasalahan menyangkut pernikahan, bekerja secara profesional dan tidak pelit dengan mengedepankan pelayanan terbaik untuk mewujudkan resepsi pernikahan impian konsumen.
6.
berhati-hati terhadap oknum event planner yang sering me-mark up harga.
Walaupun anda memakai jasa event organizer atau event planner, sebaiknya Anda tetap mengecek harga di vendor mana event organizer tersebut bekerjasama. Paling tidak, hal tersebut merupakan bentuk kehati-hatian dari Anda agar terhindar dari penipuan yang sering dilakukan oknum wedding planner yang menyepelekan pengetahuan calon pengantin mengenai harga-harga kebutuhan untuk pernikahan.
Walaupun anda memakai jasa event organizer atau event planner, sebaiknya Anda tetap mengecek harga di vendor mana event organizer tersebut bekerjasama. Paling tidak, hal tersebut merupakan bentuk kehati-hatian dari Anda agar terhindar dari penipuan yang sering dilakukan oknum wedding planner yang menyepelekan pengetahuan calon pengantin mengenai harga-harga kebutuhan untuk pernikahan.
Setelah menemukan EO yang
tepat dan terpercaya, selanjutnya akan ada kinerja dari EO. Berikut ini adalah
perkerjaan yang dilakukan oleh Event Organizer untuk mempersiapkan pesta
pernikahan.
ร Bertukar pikiran
Evwnt organizer akan melakukan brainstorming dengan si pemilik
acara. Anda harus memberi penjelasan mengenai tema pesta yang Anda inginkan,
berapa jumlah tamu undangan, dan berapa lama acara akan berlangsung. Wedding
organizer akan melakukan eksplorasi/mengembangkan keinginan Anda dengan
mencarikan ide dan gagasan yang mungkin dapat Anda gunakan dalam acara
pernikahan.
ร Vendor yang diinginkan dalam acara.
Event organizer akan membantu Anda mencarikan rekanan kerja yang
diperlukan karena event organizer yang telah berpengalaman dalam hal
pengurusan acara pernikahan dapat memberikan rekomendasi seperti dekorasi, roti pernikahan, bridal, salon, MC, entertainment, kartu undangan, fotografer, videografer dan
sebagainya yang tepat untuk anda.
ร Dana yang dibutuhkan.
Mendiskusikan budget yang dimiliki klien. Itu menjadi
tugas event organizer mencari wedding vendor dengan tarif yang dapat
"masuk" ke dalam dana yang telah ditentukan.
ร Tema Acara.
Event organizer akan mengusahakan tema yang merupakan keinginan anda,
atau bila belum ada maka event organizer akan mencarikan tema untuk anda.
Disini akan dibahas berbagai detail yang sesuai dengan tema seperti, warna
dekorasi, jenis makanan, musik yang akan dinyanyikan dan sebagainya.
ร Kelengkapan.
Event organizer akan mengurus segala kelengkapan yang diperlukan oleh
anda, seperti mengurus catatan sipil, melakukan pembayaran kepada wedding
vendor lainnya, membawa seluruh perlengkapan pesta, sehingga yang perlu anda
lakukan hanyalah mempersiapkan diri agar tetap sehat dan bugar pada hari
pernikahan anda.
Setelah ada
kecocokan baik EO, kinerja EO maupun pengguna jasa EO, akan ada daftar rencana
pernikahan. Pernikahan yang akan dilaksanakan di JEC pada 22 April 2013,
memerlukan rancangan sebagai berikut :
ยช
Persiapan
Dilakukan saat proses pelamaran sang pria, sehingga
kedua belah pihak (keluarga pria dan wanita) merundungkan hari, tanggal, bulan,
tahun, dan waktu pernikahan.. dilakukan Senin, 22 April 2013 di JEC pukul 11.00
untuk akad nikah dan dilanjutkan resepsi yang diadakan pada pukul 14.00 sampai
selesai.
ยช
Pembentukan
Panitia
Yang bertugas mengurusi segala urusan pernikahan,
diserahkan kepada jasa Event Organizer.
ยช
Merencanakan
anggaran
Berapa anggaran yang diperlukan untuk semua pemesanan
ini. Menyesuaikan anggaran atau budget dengan tema dan konsep pernikahan serta
yang lainnya. Dilakukan 1 tahun sebelum hari H. Persiapan yang matang agar
suatu acara sukses digelar dan tanpa cacat sedikitpun.
ยช
Memilih
Gedung Pernikahan
Setidaknya 1 tahun
atau beberapa bulan sebelum hari H kita memesan gedung untuk acara
pernikahan maupun resepsinya. Pemesanan gedung tidak sembarangan, karena ini
menyangkut hal yang sangat khitmad. Tidak perlu gedung yang mewah untuk suatu
pernikahan, yang di perlukan adalah kenyamanan dan keindahan dari gedung
tersebut. Bila kita melakukan acara pernikahan di luar ruangan atau biasa disebut
IN
DOOR, maka sebaiknya kita mengantisipasi bila terjadi hal – hal yang tidak
kita inginkan. Misalnya hujan atau yang lainnya.
ยช
Undangan
Pemesanan undangan dilakukan 5 bulan sebelum hari H,
mengapa demikian? Undangan adalah hal penting dari pernikahan, kita juga harus
merancang sendiri (bila ingin) atau memesan dengan rancangan pilihan. Ukuran,
warna, bentuk dan mode sangan mempengaruhi keindahan dari undangan tersebut,
maka sebaiknya dipersiapkan dengan baik.
ยช
MC,
Photograpy, Videograpy, Sounsystem, dan Hiburan
MC adalah seorang yang penting untuk memimpin jalannya
suatu acara, MC dipesan minimal 3 bulan sebelum hari H. Kecocokan jadwal MC dan
tidak ada jadwal yang bertabrakan dengan hari H, begitu juga pemesanan sounsystem. Photograpy dan Videograpy
juga merupakan bagian terpenting untuk mengabadikan suatu acara, pemesanannya 3
bulan sebelum hari H. Untuk hiburan, pesan 2 bulan sebelum hari H. Hiburan apa
yang kita inginkan? Misalnya musik atau hanya tarian tradisional atau tontonan
tradisional.
ยช
Souvenir
Pemilihan yang tepat souvenir adalah hal tersulit,
karena souvenir mencerminkan sifat diri kita. Berbagaimacam souvenir menjadikan
kita untuk sulit memilihnya, ada yang berbentuk kipas, liontin, gantungan
kunci, ataupun yang lainnya. Pemesanan souvenir sebaiknya disesuaikan dengan
jumlah undangan tambah 20 biji, guna penambahan untuk antisipasi bila ada yang
belum menganbil souvenir atau para tamu undangan yang mengambil double.
ยช
Buku Tamu
Pemesanan buku tamu 1 bulan sebelum hari H. Mau
sederhana ataupun mewah tergantung tema atau konsep pernikahan
ยช
Chattering
Chattering dipesan minimal 1 bulan sebelum hari H. Pemesanan
hidangan pernikahan (prasmanan), tidak hanya hidangan pembuka, hidangan penutup
tetapi juga cuci mulut (buah atau eice cream). Selain itu ada minuman (baik
dingin atau hangat, baik soda maupun tidak mengandung soda).
ยช
Aksesoris
Dekorasi Gedung
Pendekoran bisa dilakukan H-7 atau H-15, dekorasi
sesuai keinginan. Glamor ataupun sederhana tergantung tema dari pernikahan itu.
ยช
Make up
Pengantin dan Keluarga
H-25 kita perlu survei untuk pe-make up pangantin
maupun keluarga termasuk perugas pernikahan (penyambut tamu undangan, penunggu
buku tamu dll).
ยช
Pemesanan
gaun pengantin dan Cincin pernikahan
Gaun pengantin sangan penting untuk menunjang acara pernikahan,
yang dilengkapi dengan bunga dan sepatu nikah. Gaun yang indah akan membuat
sang pemakai terlihat anggun dan gagah, serta bunga yang dibawa sang pengantin
wanita. Pemilihan bunga juga penting. Pemesanan gaun pengantin biasanya
dilakukan H-30 atau 1 bulan sebelum pernikahan, begitu juga sepatu dan bunga
nikah. Cincin nikah dipesan bersamaan
dengan gaun pengantin, namun bisa jauh – jauh bulan sebelum hari H. Bila ingin
cicin pernikahan yang dirancang sendiri maka akan memerlukan waktu yang lama.
ยช
Kue
pernikahan atau biasa disebut kue tart
Memesan kue tart biasanya H-5, disertai nama dan foto
di hiasan tartnya.
Bila dibuat tabel maka akan seperti ini :
No.
|
H-n
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
H-1th
|
Pembentukan
panitia pernikahan
Perencanaan
anggaran pernikahan
Memilih
gedung pernikahan dan pemesanan
|
08.00 –
selesai
|
2.
|
H-5bln
|
Pemesanan
Undangan pernikahan dan rancangan undangan pernikahan
Pemesanan
Gaun pernikahan, sepatu pernikahan, dan Cincin pernikahan
|
08.00 –
selesai
|
3.
|
H-3bln
|
Pemesanan
MC, Photograpy, Videograpy, dan Sounsystem
|
09.00 –
14.00
|
4.
|
H-2bln
|
Pemesanan
Hiburan (tradisional maupun modern)
|
10.00 –
selesai
|
5.
|
H-1bln
|
Pemesanan
Souvenir
Pemesanan
Buku Tamu
Pemesanan
Chattering
|
10.00 –
12.00
13.00 –
15.00
15.30 –
17.00
|
6.
|
H-25
|
Perjanjian
dengan make up pengantin dan make up keluarga
|
10.00 –
12.00
|
7.
|
H-15
|
Penentuan
pendekoran dan konsep pernikahan
Penentuan
tema dan keglamoran atau kesederhanaan pernikahan
|
07.00 –
selesai
|
8.
|
H-5
|
Pemesanan
Kue pernikahan / kue tart
|
10.00 – selesai
|
9.
|
H-5
|
Penyebaran
undangan pernikahan
|
07.00 –
selesai
|
Setelah semua terencana dengan baik, langkah selanjutnya mendata siapa saja
yang akan diundang dalan pernikahan itu dan lainnya. Semua terlaksana dengan
baik dan perencanaan pernikahan tersusun dengan teratur, selanjutnya
menyebarkan undangan pernikahan.
Sekolah
Vokasi
Program
Diploma Ekonomika dan Bisnis
Rabu, 10 April 2013
Kelas : G
/ Manajemen
Nama : Grinas
Prabaniska Kinasih
No. Mhs : 332603
Jurusan : Akuntansi
TTD :
TUGAS MANAGEMENT
MEMBUAT DAFTAR PERENCANAAN ACARA PERNIKAHAN
Pernikahan
antara :
Arrendra
Bagus Yasa Yashutaka dan Grinastasya Saruwatari Ayumu.
Tempat : JEC (Jogja Electronic Center)
Tanggal : 22 April 2013
Waktu : 09.00 – selesai
Happy Wedding
Universitas
Gadjah Mada
RENCANA PERNIKAHAN ANTARA
Arrendra Bagus
Yasa Yashutaka
&
Grinatasya Saruwatari Ayumu
cincin tunangan :*
Akhad nikah : Senin, 22 April 2013 pukul
11.00
Resepsi
pernikahan : Senin, 22 April 2013 pukul
14.00 – selesai
Happy Wedding
create by @prabaniska
saat - saat yang indah adalah saat dimana kita dilamar oleh lelaki yang kita sayangi dan menyayangi kita... betapapun sulitnya kita, ia akan tetap berada di samping kita. sesenang-senangnya kita, dia juga tidak akan meninggalkan kita :)
0 komentar:
Posting Komentar